Radio Gema Randik

Radio Gema Randik
BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Rabu, 21 Juni 2017

Pemkab Muba Gelar Rakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan Karhutla 2017

Rabu, 21 Juni 2017
Sekayu – Dalam upaya menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) guna untuk mempersiapkan partisipasi dalam ASEAN GAMES 2018 di Palembang, Pemerintah Kabupaten Muba gelar rapat koordinasi (rakor) pencegahan dan kesiapsiagaan bencana di Ruang Serasan Sekate, Rabu (21/06/2017).

Plt Kepala BPBD Sumsell Iriansyah menyatakan bahwa Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah menetapkan status siaga semenjak 18 Februari lalu “Kita menggelar rakor bersama seluruh unsur agar turut bersinergi dalam karhutla,” Propinsi Sumsel sendiri telah menyediakan 4 helikopter, 2 kasa dan 2 pesawat untuk membantu kabupaten-kabupaten rawan kebakaran,”tegasnya

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyampaikan bahwa Melalui SKPD, dapat melakukan berbagai langkah dalam sosialisasi dan membentuk pos desa tangguh bencana di Kecamatan yang rawan terjadi karhutla. “Kita tempatkan pos di sana karena wilayah yang sangat rawan akan kebakaran dan menyiapkan tenaga di setiap posko,” jelasnya.

Ditempatkannya posko kebakaran di wilayah yang rawan akan karhutla untuk melaksanakan fungsi masing-masing dan tetap dikendalikan camat setempat agar dapat memantau posko sebagai langkah awal persiapan lebih awal yang harus dilaksanakan. Ungkapnya.

Wabup Muba Beni Hernedi menyampaikan Jika diabaikan, tegasnya, sudah pasti akan dikenakan sanksi dan ia berharap perusahaan aktif dalam antisipasi kathutla. “Ya kita lihat perkembangan di lapangan kalau terjadi akan diberikan sanksi,” berdasarkan pengalaman sebelumnya pada tahun 2015 dimana keadaan terburuk pekat asap di Sumsel, 80%-85% kebakaran terdapat pada lahan gambut. “Diperlukan juga kerjasama dan koordinasi antar daerah atau kabupaten tentangga serta penerapan hukum bagi pelanggar larangan,”tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar