Radio Gema Randik

Radio Gema Randik
BIDANG PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Selasa, 17 Oktober 2017

Antisipasi Bencana Alam, TRC BPBD Muba Dilatih Ketrampilan SAR

Rabu 18 Oktober 2017
Sekayu - Bencana merupakan suatu rangkaian peristiwa yang dapat mengancam kehidupan manusia maupun lingkungan sekitarnya, bencana dapat disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, ataupun tingkah dan perilaku manusia, dampak bencana pun cenderung merugikan baik secara materi maupun lingkungan. Ungkap Plt Sekretaris Daerah H. Apriyadi, S.sos.,Msi., di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu, (18/10/2017).

Selanjutnya, Plt Sekda mengatakan Kabupaten Muba mempunyai beberapa daerah yang berpotensi rawan bencana banjir tahunan yang terdapat dikecamatan Lawang wetan, sanga desa, dan bayung lencir, dalam mengantisipasi dan meminimalisir kerugian akibat bencana alam maka perlu dibutuhkan satu kekuatan utuh dan terpadu dalam mengatasi bencana banjir atau musibah yang dialami oleh masyarakat. Jelasnya

Kemudian, Pemerintah kabupaten Muba merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas keahlian dalam melakukan SAR dan P3K yaitu dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) SAR dan P3K bagi satuan tugas TRC penanggulangan bencana yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar SAR kepada satuan tugas tim reaksi cepat penanggulangan bencana sehingga dapat membentuk tenaga Rescuer yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan mental dibidang teknik pencarian, evakuasi, dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar.
Dalam Laporan Kepala BPBD Kabupaten Muba mengatakan bahwa Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar SAR kepada satuan tugas TIM reaksi cepat penanggulangan bencana, adapun jumlah peserta berjumlah 74 orang yang berasal dari BPBD Kabupaten Muba 50 orang, Satuan Pamong Praja 10 orang, Dinas kesehatan 2 Orang, Dinas Sosial 2 orang, Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Muba 2 orang. Pelatihan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 18 sampai 20 Oktober 2017 bertempat di BPBD kabupaten Muba.

Dengan Nara sumber yang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia, BPBD Provinsi Sumatera Selatan, BPBD Kab. Muba, Dinas Kesehatan Kab. Muba, Tim 118 RSUD Sekayu, dan Dinas Sosial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog